RPP IPA Kelas IV

Rencana Pelakanaan Pembelajaran

(RPP)

Nama Sekolah      : SD Negeri No. 118427 Aek Babura

Mata Pelajaran    :  IPA

Kelas / Semester  :  IV / 1

Materi Pokok         :  Rangka dan Panca Indera Manusia

Waktu                       :  2 x 45 Menit

Metode                    :  Ceramah dan Praktek

A.    Standar Kompetensi       :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**:

Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:

  • rangka kepala
  • rangka badan
  • rangka anggota gerak
  •  sendi

secara Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

  • Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
  • Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
  • Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

D.    Materi Essensial

Rangka dan Panca Indera Manusia

  • Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
  • Bagian rangka (hlm.2)
  • Fungsi rangka (hlm.6)

E.    Media Belajar

  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
  • gambar alat-alat panca indera manusia

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

pertemuan 1

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

 Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Memahami peta konsep tentang rangka manusia
  •  Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Mendeskripsikan rangka manusia:
  •  rangka kepala
  •  rangka badan
  •  rangka anggota gerak
  • sendi
  • Siswa menyebutkan rangka kepala

- T.Ubun

-T.Pelipis

- T. Mata

- T. Dahi

-T.Hidung

- T.Pipi

- Rahang atas

Rahang bawah

  •  Siswa menyebutkan rangka badan

-  T.Tengkorak

-Ruas-ruas Tulang leher

-  T.Selangka

-  T.Belikat

-  T.Dada

-  T.Rusuk

-   T.Lengan Atas

Ruas-ruas

  Tulang

  Punggung

-  T.Panggul

-  T.Hasta

-  T.Pengumpil

- T.Pergelangan Tangan

- T.Telapak tangan

Ruas-ruas Jari Tangan

-  T.Paha

-T.Tempurung lutut

-  T.Betis

-  T.Kering

-T.Pergelangan kaki

-   T.Telapak kaki

-  Ruas-ruas jari

-  T.Kemaluan

 Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
  1.  KegiatanPenutup

  Dalam kegiatan penutup, guru:

  •  Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

(50 menit)

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o  Mengambar rangka badan manusia

G. Penilaian

Indikator
Pencapaian

Kompetensi

Teknik
Penilaian

Bentuk
Instrumen

Instrumen/
Soal

o   Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.

Tugas Individu

dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja

o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

H. Format Hasil Penilaian

  • Produk hasil diskusi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

*semua salah

4

3

2

1

  • Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 Praktek

Sikap

*Pengetahuan

*kadang-kadang Pengetahuan

*tidak Pengetahuan

*aktif  Praktek

*kadang-kadang aktif

*tidak aktif

*Sikap

*kadang-kadang Sikap

*tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

  • Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

Catatan

  • Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
  • untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                           Guru Kelas

………………….                                                                             Lamria Manalu

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s